A.Gambaran Umum Perusahaan

1. Sejarah Perusahaan

CV. Eridani Tour dan Travel pada awalnya didirikan atas inisiatif Bapak Sugiat pada pertengahan bulan Agustus 2004. Beliau mampu mendirikan CV ini karena sudah berpengalaman di bidang Tour dan Travel selama lebih dari 20 tahun serta memiliki modal yang cukup. Pemilihan lokasi di Malang dengan pertimbangan bahwa Malang juga merupakan kota industri pariwisata yang menjanjikan dan menguntungkan dalam bisnis tour ini. Hingga kini Bapak Sugiat tetap menjadi Pemilik serta CV. Eridani Tour dan Travel. Sejak awal berdirinya CV. Eridani, pertengahan bulan Agustus 2004, CV. Eridani Tour dan Travel berlokasi di Ruko Gadang Regency No. 1, Jl Kol. Sugiono Malang hingga sekarang..
Pada awal beroperasinya CV. Eridani Tour dan Travel menyediakan jasa pelayanan reservasi tiket pesawat dan tiket kapal laut pelni dengan karyawan empat orang. Pada saat itu sistem pelayanan yang diberikan masih mengunakan telepon untuk melakukan reservasi tiket dan pada saat itu CV. Eridani Tour dan Travel masih menjadi sub-agent bagi pelayanan tiket kapal laut pelni. Baru bulan Oktober 2004 menjadi agen dengan reservasi online menggunakan komputer tetapi masih dial-up karena pendapatan belum sesuai target. Baru pada tahun 2005 CV. Eridani Tour & travel telah mampu menjadi agen reservasi secara online beberapa masakapai penting seperti Adam Air, Lion Air, Batavia Air, Sriwijaya Air, Bouraq, Pelita Air, Air Asia,Merpati Air serta telah menjamah paket wisata, travel antar-jemput pelabuhan dan bandara, sewa mobil, dan mampu menjadi Agent bagi sub-sub agent di daerah. Sampai saat ini sub agent yang terdata telah mencapai kurang lebih 180 sub agent. Dengan semakin berjalannya waktu dan dengan pelayanan terbaik yang diberikan oleh CV. Eridani Tour dan Travel, mereka telah memiliki reputasi yang baik dimata para pelanggan, sehingga usaha jasa ini dapat berjalan dan berkembang dengan baik hingga saat ini.

3. Lokasi Perusahaan

Lokasi perusahaan CV. Eridani Tour dan Travel berlokasi di Jalan Kol. Sugiono, Ruko Gadang Regency No.1 Malang . Lokasinya yang cukup strategis, karena letaknya di dekat terminal antar kota, yaitu terminal gadang yang lalu lintasnya cukup padat sehingga masyarakat dengan mudah untuk mengenal dan mengetahui keberadaan CV. Eridani Tour dan Travel yang memiliki tujuan untuk meningkatkan usaha khususnya di bidang transportasi. Dengan memberikan pelayanan yang baik dan bersahabat pada seluruh pelanggan, hal tersebut menimbulkan dampak yang positif bagi CV. Eridani yakni semakin diterimanya kehadiran CV. Eridani di tengah-tengah masyarakat.

4. Visi, Misi dan Moto

Sebagai suatu organisasi bisnis, CV Eridani Tour dan Travel memiliki visi dan misi sebagai acuan untuk menjalankan fungsi dan tugasnya agar tujuannya tercapai. Visi merupakan suatu pandangan perusahaan yang jauh ke depan yaitu kemana organisasi tersebut akan dibawa dan dikembangkan agar dapat mempertahankan eksistensinya. Sebuah visi dapat menjadi motivasi suatu organisasi untuk selalu inovatif dan kreatif.

Misi merupakan rumusan umum yang bersifat lebih luas dan bersifat jangka panjang mengenai maksud dan sifat dari sebuah organisasi. Misi mengandung filosofi bisnis, mensyaratkan citra yang ingin dipancarkan serta mencerminkan konsep diri perusahaan. Misi juga merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan sesuai dengan visi yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan organisasi.

Adapun visi, misi dan motto dari CV Eridani Tour dan Travel yang terdapat dalam profil perusahaan adalah sebagai berikut:

Visi

Menjadi perusahaan tours dan travel yang unggul, maju, dan terpandang di Indonesia dengan selalu memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui produk dan layanan yang berkualitas dan berstandar tinggi.

Misi

1. Memberikan layanan yang berkualitas dan berstandar tinggi berupa kemudahan, kenyamanan dan kecepatan dalam layanan tours dan travel kepada pelanggan yang terdiri dari mahasiswa atau kampus, sekolah, perusahaan dan masyarakat agar mereka puas dan loyal kepada perusahaan

2. Membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan sebagai salah satu keunggulan bersaing

4.1.3 Motto

”The Real Solution For Your Travelling”

5. Produk- produk CV Eridani Tours & Travel

CV Eridani Tour dan Travel menyediakan beberapa produk dan jasa pelayanan tour dan tarvel untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Produk dan jasa pelayanan tersebut adalah sebagai berikut:

3.4.1 Ticketing
Kami menyediakan pelayanan pembelian tiket pesawat udara untuk dalam maupun luar negeri serta tiket kapal laut (PELNI). Beberapa tiket Airline yang kami sediakan adalah Garuda, Mandala, Merpati, Mandala, Lion Air, Batavia Air, Wings Air, Sriwijaya Air, Citilink, Air Asia dan lain-lain. Kami memberikan pelayanan yang sebaik mungkin guna memudahkan pelanggan dalam reservasi tiket pesawat tersebut.

3.4.2 Perjalanan Wisata (Tourism)

Kami menyediakan berbagai paket perjalanan wisata, Study excursie maupun wisata rohani. Beberapa diantaranya adalah perjalanan wisata ke Jakarta,Bandung, Bali dan Lombok, Yogyakarta dan lain-lain. Selain itu, kami juga menyediakan paket Bromo Tour, perjalanan wisata di dalam Kota Malang dan Kabupaten Malang Kota Batu serta seperti Jatim Park, Pantai Balekambang dan lain-lain.

3.4.3 Travel
Kami merupakan agen yang telah berpengalaman dalam jasa travel dengan rute Malang ke Blitar, Sidoarjo, Juanda, Tanjung Perak, Surabaya dan sekitarnya. Dengan fasilitas antar jemput sampai tujuan, asuransi dan kerjasama dengan pihak bandara Juanda, kami memberikan layanan terbaik bagi pelanggan sehingga perjalanan bisnis ataupun biasa akan semakin menyenangkan.

3.4.4 Reservasi Hotel

Kami menyediakan berbagai hotel di Malang dari Berbagai jenis hotel bagi konsumen yang ingin menikmati Kota Malang. Begitu juga dengan berbagai kota di Indonesia. Kami dapat melakukan reservasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan jaringan yang luas, kebutuhan tempat menginap akan dapat terpenuhi. Kami juga akan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

3.4.5 Penyewaan Bus Pariwisata

3.4.6 Rental Mobil

Perjalanan wisata ataupun bisnis tidak akan lancar bila tidak didukung oleh kendaraan atau mobil. Bagi pelanggan yang ingin menggunakan mobil untuk perjalanan dalam maupun luar kota, kami menyewakan mobil dengan berbagai tipe dan merek seperti Suzuki APV, Panther, Kijang Innova, Kijang LGX dan Avanza.

4 Response to "A.Gambaran Umum Perusahaan"

  1. Anonim Says:
    15 Juli 2010 pukul 20.25

    Saya menggunakan travel eridani pd tgl 14 Juli 2010 dari Malang tujuan Tanjung perak Surabaya. Saya mengalami kekecewaan yang mendalam karena pelayanan yang tdk profesional. Kami ( saya bersama saudara yang membawa anak kecil)tiba-tiba di oper ke mobil lain jurusan perak yang penuh sesak, mau duduk saja susah karena penuh penumpang dan barang. Mobil tersebut bukan kelas travel. Saya komplain ke sopir dijawab dengan ketusnya bahwa itu instruksi dari agen. Saya kira dari pada naik mobil tersebut akan lebih nyaman naik bus ekonomi malang-surabaya seandainya saya tidak mengejar waktu di pelabuhan. Karena tidak ada pilihan lain, saya terpaksa naik. Sampai di pelabuhan juga saya harus membayar tiket sesuai harga travelnya semula. Benar-benar pelayanan yang mengecewakan.... Saya telah komplain ke Bpk Sugiat dan menurut saya jawabn dari beliau tidak memuaskan. Semoga pengalaman ini menjadi pelajaran bagi pengguna yang lain.

    Salam

  2. Anonim Says:
    23 Juli 2012 pukul 19.36

    saya setuju dengan saudara anonim di atas.
    utamakanlah kenyamanan konsumen.profesional dan keramah tamahan adalah keinginan pelanggan anda.
    semoga bisa di jadikan koreksi

  3. Unknown says:
    18 September 2014 pukul 10.31

    Rencananya aku mau jadi reseller. Ah males dah..

  4. Unknown says:
    28 Maret 2015 pukul 10.33

    Dayu Mas Tour | Tour & Travel |

    Kami melayai :
    1. Tour Gunung Kidul - Jogja
    2. Tour Bali
    3. Tour Karimunjawa
    4. Tour Banyuwangi
    5. Tour Bromo dan Malang
    6. Paket Tour kusus Instansi / Sekolah / Kampus
    7. Tour Adventures ( rafting, hiking & senorkling )
    8. Persewaan ( Efl short / long, HiAce dan Bus Pariwisata )
    9. Pemesanan tiket pesawat.

    **
    - Konsultasi perjalanan gratis.
    - Hadiah menarik bagi yang sudah merekomendasikan kami.
    - Tentukan wisata sesuai degan buget.
    - Tidak ada jumlah minimal peserta.


    Hubungi kami di :
    Tlp. 081235618281
    Pin. 54E0B852
    P. Sidokare Asri QQ.2 - Sidoarjo
    Facebook : http://goo.gl/gd1IF5
    www.dayumastour.com

    Jam Oprasional :
    SENIN S/D JUM'AT : 08.00 S/D 17.00
    SABTU : 08.00 S/D 14.00
    MINGGU / HARI BESAR : TUTUP / LIBUR